Cara Membuka Kartu SIM yang Terblokir Tanpa harus ke Grapari

Follow @ChandraHaekal
Terblokirnya kartu SIM, sedikit-banyak tentu akan membuat kita pusing, selain tidak bisa digunakan untuk telpon dan sms, nomer telpon kolega-kolega kita juga akan hilang. Penyebabnya adalah kartu SIM kita untuk sementara tidak bisa digunakan sampai pemblokiran pada kartu SIM tersebut dibuka. 

Dan penyebab terjadinya kasus kartu SIM diblokir oleh operator biasanya karena pengguna telah memproteksi Kartu SIMnya dengan nomor sandi atau PIN. Dan kemudian pengguna tersebut lupa atau salah dalam memasukkan nomer PIN-nya tadi ketika akan membukanya hingga batas kesempatan yang disediakan. 

Biasanya batas kesempatan yang disediakan sebanyak 3 kali meskipun ada juga yang lebih, dan jika hingga batas kesempatan tersebut pengguna kartu SIM tersebut masih salah dalam memasukkan nomer PIN-nya maka secara otomatis kartu SIM tersebut diblokir. 

Dan jika sudah diblokir, untuk membukanya kembali tidaklah gampang. Anda harus memasukkan nomer PUK kartu yang terblokir tersebut.  Sebab anda tidak akan bisa membuka kartu SIM yang diblokir tadi jika anda tidak mengetahui nomer PUK-nya.

Lalu, bagaimana caranya kita mengetahui nomer PUK kartu SIM kita yang terblokir?

Caranya gampang, anda hanya perlu menelpon call center, lalu minta nomer PUK kartu yang diblokir tadi (nomer PUK biasanya berjumlah 8 digit). 

Untuk menghubungi call center, tentunya anda harus mengetahui nomer telpon dari masing-masing operator sesuai dengan kartu yang sedang diblokir. Untuk itu, berikut ini adalah nomer-nomer call center operator yang bisa anda hubungi sesuai dengan kartu yang diblokir:

100 => call center untuk kartu dari operator indosat
188 => call center untuk kartu dari operator telkomsel
817 (berbayar) dan 818 (gratis) => untuk kartu dari operator XL
Khusus untuk kartu XL, ada alternatif lain yang bisa anda lakukan yakni dengan mengirim sms dengan format PUK1[spasi]NoHP[spasi]19DigitNomorDiBelakangSIMcard dan kirim ke 9767
888 => untuk kartu dari operator Axis
123 => untuk kartu dari operator Three
*999 => untuk kartu dari operator Esia
Dan 147 => call center untuk kartu dari operator Flexi.

Nah, setelah anda mendapatkan nomer PUK kartu anda itu, gunakan nomer PUK tersebut untuk membuka kartu SIM anda yang diblokir tadi. 

Tapi jika cara di atas masih tidak berhasil, satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah pergi ke grapari, pasti masalahnya akan beres.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartfren yang Tidak Bisa Konek Internet

Thanks for reading Cara Membuka Kartu SIM yang Terblokir Tanpa harus ke Grapari | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments