Pengertian Fitur NFC pada Smartphone

Follow @ChandraHaekal
Tahukah anda, apa yang dimaksud dengan fitur NFC (Near Field Communication) pada smartphone? NFC adalah sebuah teknologi konektifitas (perpindahan data) nirkabel antar perangkat elektronik dalam jarak dekat yang berbasis RFID (Radio Frequency Identification). Lebih sederhananya, NFC ini bisa diibaratkan seperti teknologi bluetooth atau Wifi pada kebanyakan ponsel, hanya saja yang membedakan antara NFC dan bluetooth adalah kecanggihannya. Selain itu, perbedaan antara bluetooth dan NFC  lainnya adalah terletak pada sesi otentikasi atau penyamaan kode sebelum menggunakannya. Jika proses otentifikasi pada bluetooth umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama, tidak demikian untuk teknologi NFC ini, yakni hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.
teknologi nfc

Lalu apa manfaat atau fungsi dari NFC yang ada pada sebuah smartphone itu?

Jika dibanding dengan bluetooth, manfaat teknologi NFC pada smartphone bisa dibilang lebih komplet. Teknologi NFC pada smartphone ini berfungsi untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan pertukaran konten seperti gambar video, nomer kontak, audio dll. Selain itu, fungsi yang paling diunggulkan dari teknologi NFC ini adalah fungsinya yang dapat menjadi media penghubung antar perangkat elektronik yang sama-sama memiliki teknologi NFC.

Nah, dengan fungsinya yang dapat menghubungkan antar perangkat elektronik itulah, para pengguna dapat memanfaatkannya untuk kepentingan transaksi finansial secara online sebagai opsi lain selain menggunakan kartu kredit seperti untuk pembelian tiket atau pembayaran online. Masih dengan NFC, para pengguna juga bisa berbelanja dengan melakukan pembayaran melalui media NFC ini di toko-toko yang sudah menyediakan perangkat berteknologi NFC sebagai media pembayarannya.

Thanks for reading Pengertian Fitur NFC pada Smartphone | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments