Cara Membedakan Baterai Asli dan Palsu

Follow @ChandraHaekal
Bagi kebanyakan orang, keaslian baterai mungkin tidaklah begitu penting. Sebab, jika dibanding dengan baterai asli, harga baterai palsu atau tiruan relatif jauh lebih murah. Disamping itu, baik baterai asli maupun baterai palsu memiliki bentuk fisik yang hampir sama. Selain itu kedua baterai tersebut pada intinya juga memiliki fungsi yang sama yakni sama-sama sebagai penyuplai daya bagi handphone. Yang membedakan antara keduanya hanyalah lamanya masa pakai (tingkat keawetan) baterai.

Sebenarnya, harga baterai asli (original) sendiri tidak mahal-mahal amat. Di pasaran, harga baterai asli berkisar sekitar 100 ribuan saja. Oleh sebab itu, jika ada dana cukup sebaiknya belilah baterai yang asli untuk jangka pemakaian yang lebih lama dan terhindar dari kasus baterai gampang ngedrop. Dan untuk membedakan antara baterai asli dan baterai palsu, mungkin sedikit informasi di bawah ini dapat membantu anda ketika akan membeli sebuah baterai untuk hp anda:

1. Harga!!! Anda harus peka terhadap harga, jika ada pedagang yang menawarkan baterai dengan harga murah (± 50 ribuan), sebaiknya anda perlu waspada. Mengapa? Sebab harga baterai asli atau original sedikit lebih mahal dari itu yakni sekitar 100 ribuan.
2. Perhatikan label kemasannya. Untuk baterai palsu atau imitasi, biasanya cetakan labelnya tidak terlalu rapi dan agak buram.
3. Perhatikan hologram pada baterai. Untuk baterai asli (original), biasanya pada bagian belakang baterai terdapat hologram 3 dimensi yang lebih rapi dibanding hologram yang terdapat pada baterai palsu.

Meskipun menggunakan baterai palsu bisa dikatakan tidak terlalu beresiko (tidak menyebabkan hp rusak), tapi ada baiknya anda menggunakan baterai asli agar tidak ada kendala pada urusan suplay daya pada hp anda. Sebab baterai merupakan nyawa bagi sebuah hp. Nah, dengan mengetahui cara untuk membedakan baterai asli dan palsu di atas, diharapkan anda memperoleh baterai yang sesuai dengan yang anda cari. Tapi, jika anda masih merasa was-was, cara yang paling aman adalah dengan membeli baterai hp di konter-konter resmi di kota anda.

Thanks for reading Cara Membedakan Baterai Asli dan Palsu | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments