Bagaimana Cara Mengatasi Smartfren yang Tidak Bisa Internetan? Simak Solusinya

Follow @ChandraHaekal
Saat ini, smartfren merupakan operator yang memiliki jaringan internet paling bagus, speed upload dan downloadnya sangat kenceng. Pengalaman kami menggunakan paket data smartfren untuk memainkan game di hp android sangat lancar, jarang sekali atau hampir tidak pernah ngelag.

Smartfren tidak bisa internet

Tapi bukan berarti menggunakan layanan data internet smartfren selalu berjalan mulus. Adakalanya perdana data smartfren yang kita gunakan tidak bisa terhubung ke internet sebab beberapa hal.

Umumnya, yang paling banyak mengalami hal seperti ini adalah para pengguna baru, sebab minimnya pengetahuan.

Oleh sebab itu, bila mungkin smartfren anda tidak bisa digunakan untuk internetan, silahkan ikuti cara mengatasinya berikut ini:

Pertama – Pastikan Hp anda kompatibel dengan jaringan 4G LTE Smartfren GSM

Gimana maksudnya ya?

Gini, saat ini smartfren memang termasuk kelompok GSM dan bisa dipakai pada hp GSM. Tapi ada spesifikasi khusus supaya hp tersebut bisa dipasangi dengan perdana data smartfren.

Intinya tidak semua hp 4G GSM bisa dipasangi kartu smartfren. Hanya HP dengan tipe-tipe tertentu saja yang bisa mendeteksi sinyal 4G smartfren yang berada difrekuensi 850Mhz/2300Mhz. Untuk tipe hp yang tidak bisa mendeteksi sinyal 4g pada frekuensi 850Mhs/2300Mhz tentu tidak support atau tidak bisa dipasangi perdana data smartfren.

Untuk mengetahui tipe-tipe hp yang bisa menggunakan smartfren, silahkan anda cek melalui link berikut: Macam-macam Tipe HP 4G yang Kompatibel Smartfren

Atau supaya lebih gampang dan tidak ribet, bila anda ingin mengetahui hp 4g yang anda miliki bisa dipasangi perdana smartfrena atau tidak, bisa dengan cara memasangnya langsung pada hp.

Bila setelah dipasang sinyalnya muncul, berarti hp anda support dengan jaringan smartfren. Tapi bila muncul tanda sinyal, itu artinya hp anda tidak kompatibel sebab tidak bisa mendeteksi sinyal 4g smartfren yang berada pada frekuensi 850Mhz/2300Mhz.

Jadi yang pertama, pastikan hp yang anda gunakan kompatibel dengan jaringan GSM smartfren
Mengatasi smartfren tidak bisa internetan

Kedua – Pastikan Kartu Smartfren anda telah berhasil diregistrasi

Baik perdana smartfren yang masih segel ataupun yang sudah aktif, bila dipasang pada hp, sinyal keduanya sama-sama muncul. Jadi untuk memastikan bahwa kartu sudah berhasil diregistrasi atau tidak, jangan berdasarkan keluarnya sinyal.

Sinyal muncul bukan berarti kartu tersebut aktif. Sering kami temui, sinyak data smartfren di hp sudah terdeteksi tapi tidak bisa dipakai internetan. Untuk itu, silahakan anda registrasi dulu untuk memastikan.

Sesuai dengan peraturan pemerintah yang terbaru terkait masalah registrasi pedana, para pengguna wajib meregistrasi dengan NIK dan KK valid. Jadi anda harus meregistrasinya dengan KTP Asli, tidak bisa asal-asalan.

Pastikan anda mendapat pesan balasan dari 4444 yang menginfokan bahwa proses regitrasi karti smartfren tadi berhasil.

Ketiga - Cek pengaturan APN

Setelah anda berhasil melewati langkah 1 dan 2, coba anda ON kan sambungan datanya dulu, apakah bisa langsung konek internet atau masih belum. Setelah melewati 2 tahan di atas, Kebanyak sudah langsung bisa konek internet.

Tapi bila masih belum bisa digunakan internetan, silahkan anda cek settingan APN nya. Pastikan APN tersetting seperti ini:

Nama: Smartfren 4g
Username: Smartfren
Password: Smartfren

Namun, apabila APN tersebut tidak ada, silahkan anda buat APN baru dengan settingan yang sama seperti di atas.

Cara setting APN smartfren, pada hp anda, masuk ke Setting/Pengaturan -> Jaringan Seluler -> APNIsi dengan data di atas -> klik Simpan -> ON/Off Kan Mode Pesawat/Mode Plan -> On kan sambungan datanya

Sekarang harusnya smartfren anda sudah bisa konek ke internet, sebab secara teknis sudah tidak ada masalah

Tapi bila masih belum bisa konek ke internet, coba anda lakukan hal dasar yaitu cek sisa kuota internet dari perdana smartfren data yang sedang anda gunakan.

Cara cek sisa kuota paket smartfren bisa dilakukan dengan 2 cara

Cara 1 – cek kuota via Dial dengan menekan *995# lalu tekan OK/YES/Panggil

Tapi, bila hp anda tidak support teknologi Volte, cara ini tidak bisa digunakan sebab hp yang tidak support volte tidak bisa digunakan untuk panggilan dan SMS smartfren.

Cara 2 – cek sisa kuota paket menggunakan aplikasi My Smartfren

Bila anda belum punya, silahkan mendownload aplikasi My Smartfren melalui google PlayStore terlebih dahulu.

Pastikan sisa kuota paket internet smartfren anda masih ada supaya bisa konek ke internet. Bila kuota masih ada, tentunya perdana smartfren data yang anda miliki bisa dipakai untuk internetan asal tidak sedang gangguan provider.

Baca Juga Artkel Tentang: Agen Pulsa Probolinggo

Thanks for reading Bagaimana Cara Mengatasi Smartfren yang Tidak Bisa Internetan? Simak Solusinya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments